Resep Praktis : Ikan Asam Pedas

Resep Praktis : Ikan Asam Pedas.

image

Ikan asam pedas khasnya Kalimantan Barat

King Dute paling doyan ama ikan. Apalagi Ikan Asam Pedas. Nah kali ini Emak Catz mau berbagi resep ikan asam pedas.

Bahan (ditumbuk/blender halus) :

1. Cabe kering (buang bijinya) banyaknya sesuai selera.
2. Kunyit 4 cm
3. Sereh 2 batang (ambil bagian tengahnya, iris kecil)
4. Bawang merah 4 buah
5. Bawang putih 4 siung
6. Lengkuas 3 cm
7. Kemiri 3 biji
8. Minyak goreng 2 sendok (kalau menggunakan blender)

Bahan :

1. Ikan (kakap / singapore/ patin/lais).
2. Sereh  2 batang. Ambil bagian tengahnya.
3. Air Asam jawa / Jeruk sambal (lemon cui)
4. Terong Asam atau Belimbing sayur/wuluh
5. Air matang.
6. Minyak untuk menumis.
7. Garam
8. Gula/penyedap rasa

Cara membuat :

- Panaskan wajan. Masukkan minyak goreng.
– Masukkan bumbu yang telah dihaluskan. Tumis hingga harum.
– Masukkan ikan, aduk bentar. Lalu tuang sedikit air biar tidak terlalu kering.
– Selanjutnya, terong asam / Belimbung wuluh-nya dimasukkan. Aduk merata.
– Setelah itu tambahkan air hingga ikan dan terong asam terendam. Tambahkan sereh.
– Bubuhkan garam dan gula/penyedap rasa sesuai selera. Coba dulu kuah asam pedasnya, apakah sudah pas sesuai selera.
– Bila dirasa kurang asam, tambahkan air asam jawa / jeruk sambal / lemon cui.
– Masak hingga ikan matang.
– Angkat dan sajikan.

image

image

Ho ciaaaak lhoooooo …

Makan pake nasi panas. Uenaaaak bener lhoooooo.

Nah ini nih resep ikan asam pedas ala Emak Catz. Semoga suka.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.

Sent from BlackBerry® on 3

My Lavender Dream

#DesahEmakCatz : Aek Payau

Desah Emak : Aek Payau.

Pagi-pagi sekali Emaknya Emak nelpon. Karena lagi masak dan berberes, pada ponsel dipasanglah versi loudspeaker.

“Na, kalau mandiin anak-anak, hati-hati yah. Jangan ampe keminum aernya. Cuci sayur juga, bilas pake aer bersih. Lalu kalau aer ledeng (PDAM)-nya ada ngalir, cepetan disedot. Penuhin semua bak. Soalna aernya uda payau.”

Nah ntuh tuh pesannya Emaknya Emak.

Tiba-tiba Super Kenz nyeletuk. “Aer payau tuh apa, Ma?”

image

Payau, apa sih artinya?

Air Payau,  kondisi yang sering terjadi di Pontianak, khususnya dan Kalimantan Barat umumnya jika musim kemarau tiba.

Sungai Kapuas adalah sungai yang membentang di sepanjang Kalimantan Barat. Merupakan sungai terpanjang di Indonesia (1.143 km).

Hulu Sungai Kapuas ada di pegunungan Muller dan muaranya terletak di Selat Karimata.

Air sungai Kapuas tidak pernah habis, karena dia terhubung dengan laut. Jadi, pada saat kemarau, volume air tawar berkurang, maka air laut akan masuk mengisi kekosongan tersebut.

Nah jadi , Air Payau adalah percampuran antara air tawar dan air laut (air asin). Jika kadar garam yang dikandung dalam satu liter air antara 0,5 sampai 30 gram, maka air ini disebut payau. Jika lebih dari itu uda pastilaaah air asin namanye.
(Sumber id.m.wikipedia.org/wiki/Air_payau )

Air PDAM alias Aek Ledeng di Pontianak itu sumbernya dari Sungai Kapuas. Jadi kalau aek sungai kapuas da payau, ape ndak aek ledeng jadi payau jugak. Cem gitu lah ceritenye.  

Tips selama air payau :

1. Untuk kesehatan anak -anak dan bayi, usahakan selalu membilas peralatan makan dan minum dengan air bersih.
2. Saat menggosok gigi (untuk anak-anak dan balita). Usahakan menggunakan air matang.
3. Jangan makan masakan di luar. Alasannya, kita tidak tahu para penjual makanan menggunakan air apa. So makan masakan Emak dulu ah. Hihihihi.
4. Untuk air galon. Terutama sekarang ini banyak tuh galon-galonan. Air isi ulang dari mata air yang tidak kita ketahui jelasnya. Rebus kembali air yang akan di minum oleh anak-anak, supaya lebih aman. Ada baiknya orangtua memperhatikan kondisi galon. Mengecek, apakah airnya layak konsumsi. Karena beberapa kali Emak menemukan air berjentik serta keruh. Meski yang dibeli merek terpercaya. Juga teman pernah mengeluhkan air galon yang terasa payau (? Whaaat?? — Ya, gitu deh. Ternyata air galonnya diisi pake aer ledeng).
5. Kalau udah air payau, baeknya cucian dikucek-kucek dah. Takutnya mesin cuci jadi berkarat karena kandungan garam yang berlebih pada air.

image

Naaah itu dia cerita tentang Aek Payau, Sungai Kapuas, Pontianak dan Kemarau.

Semoga berguna.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.

Sent from BlackBerry® on 3

Uji coba resep : Puding Jelly Ikan Koi

Uji Coba Resep : Puding Ultah Ikan Koi untuk My Captain Kazuo.

image

Happy besday to Kazu
Happy besday Kazu Chan
Happy besday Happy besday
Happy besdaaaaay to Kazuuuu. 

Hari ini, My Captain Kazuo berulangtahun ke 2.
Jadi Emak pikir saatnya mencoba membuat puding ikan koi untuk Kazu Chan.

Percobaan kedua barulah pudingnya berhasil dengan lebih rapi walau tidak seindah buatan pro.
( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

Bahan-bahan :

Puding coklat :

1/2 bungkus agar-agar bening
1/2 bungkus jelly bening.
Susu kental manis coklat atau bubuk coklat secukupnya.
500 ml Air putih/Susu UHT coklat atau putih.
Gula (bila perlu)

Cara membuat :

* Rebus agar-agar dan jeli serta air/susu hingga mendidih. Masukkan susu kental manis/ bubuk coklat dan gula (bila perlu) coba apakah sudah cukup manis.
* Tuang rebusan puding coklat ke dalam cetakan (sesuaikan cetakan dengan ukuran cetakan ikan koi-nya)
* Tunggu hingga agar-agar berlapisan di atasnya. Tidak terlalu keras tapi tidak juga pecah. Tuang adonan puding Mangga Orange.

Puding bunga dan Ikan koi :

1/2 bungkus agar-agar bening
1/2 bungkus Jelly bening
Gula secukupnya.
500 ml air putih.
Pewarna merah, hijau, kuning, hitam/coklat.
Susu kental manis (secukupnya)

Cara membuat :

* Rebus air putih dan agar-agar serta jeli hingga mendidih.
* Masukkan gula pasir.
* Bagi rebusan puding ke beberapa mangkuk kecil. Masing-masing beri pewarna yang berbeda.
* Sisa agar-agar yang masih dalam jumlah banyak. Dalam keadaan panas mendidih, beri susu kental manis lalu aduk cepat.
* Gunakan ujung tusuk gigi untuk memberi Agar-agar coklat pada mata cetakan kodok dan ikan koi. Warna kuning untuk putik bunga matahari.
* Masukkan rebusan agar-agar pink atau merah pada cetakan bunga. Masukkan agar-agar hijau pada cetakan kodok.
* Sapukan adonan agar-agar merah pada punggung cetakan ikan koi. Kuning pada sirip. Orange pada ekor. Tuang adonan agar-agar putih susu.
* Tunggu hingga agak dingin, masukkan ke dalam lemari es supaya agar-agar mengeras sempurna. Keluarkan dari cetakan untuk dipakai sebagai hiasan.

Puding Susu Mangga Orange :

Bahan :

1/2 bungkus agar-agar bening
1/2 bungkus Jelly rasa mangga.
1 sendok teh sirup jeruk.
1 sendok teh sirup mangga.
Gula pasir secukupnya.
700 ml Air putih
Susu kental manis secukupnya.

Catatan : sirup bisa diganti dengan jus mangga dan jeruk. Kurangi saja pemakaian air putih. Kemudian, bisa juga diganti dengan minuman sachet nutrisari.

Cara membuat :

* Rebus air putih dan agar-agar juga Jelly.
* Tambahkan gula secukupnya (Jangan terlalu banyak karena nanti akan diberi sirup dan susu).
* Setelah mendidih ambil sebanyak 400 ml. Campur dengan sirup jeruk dan mangga serta masukkan susu kental manis. Aduk cepat hingga merata.
*  Tuang pada Adonan puding coklat yang sudah sedikit mengeras (tapi jangan ampe keras bener juga lho tar jadi ndak nyatu). Adonannya masih agak lembek, tapi telah membentuk lapisan di atasnya.
* Tuang dengan menggunakan sendok sop. Dari sisi pinggir cetakan. Lakukan hingga adonan habis.

Sambil menunggu puding mengeras, usahakan agar-agar bening yang tersisa tadi tidak mengeras. Caranya adalah dengan sesekali dipanaskan dengan api kecil sambil terus diaduk.

Setelah itu proses selanjutnya adalah mengeluarkan bunga, kodok dan ikan koi dari cetakan secara perlahan. Letakkan pada piring.

Periksa apakah puding susu mangga orange telah siap untuk dilapisi dan hias. Jika sudah agak mengeras. Susun ikan koi dan kodok serta bunga juga longan (atau buah lain seperti strawberry, kiwi). Bisa juga diganti dengan nata de coco.

Setelah selesai di susun. Tuangkan agar-agar bening (dalam keadaan panas – baru mendidih) ke atas cetakan, untuk melapisi serta mengikat semua hiasan tadi.

Tunggu hingga semua pusingnya mengeras. Masukkan ke dalam lemari pendingin. Keluarkan secara perlahan dan hati-hati.

Selamat mencoba.

Sekali lagi selamat ulang tahun Captain Kazuo.
Semoga doa untuk kebaikan serta kesehatanmu, Mama panjatkan pada Tuhan.
Berharap Kazu Chan bisa berkembang menjadi anak baik dan pintar.
Luv u Kazu Chan.

image

ː̖́ټ..ћέ²..ټ..ћέ²ː̗̀(*)ː̖́..ټ..ћέ²ټː̗̀

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.

Sent from BlackBerry® on 3

How to Create a Believable (And Terrifying) Villain

Originally posted on Pilot Fish:

The more successful the villain, the more successful the picture. ~Alfred Hitchcock

The great filmmaker Alfred Hitchcock was certainly a master of creating very credible and terrifying villains.  In fact, after seeing his movie Psycho in high school, I was so frightened for a while that I’d peer out from behind the shower curtain to make sure that Norman Bates hadn’t followed me into the bathroom, his axe raised.

Hitchcock’s statement about villains can also apply to fiction.  Who will ever forget Daphne Du Maurier’s evil housekeeper,  Mrs. Danvers, in the novel Rebecca?  Or, the behemoth Moby Dick?  Or, the one-handed Captain Hook?   The bloodthirsty Count Dracula?  Or, J.K. Rowling’s dastardly Voldemort?

From the Museum of Fine Arts, Boston

Good or Evil?  Shot in the Museum of Fine Arts, Boston with my iPhone 4.

In the process of writing my novel, The Incident at Montebello, I had to work the hardest on Donato, my antagonist.  …

View original 1.032 more words

Desah Emak : C (d) erita Kabut Asap

Kemarau dan kabut Asap.

image

Hariku cerah, embun pagi yang indah. Kota bagai berselimut kabut misteri. Udara yang menyegarkan rongga jiwa … #eitssss …

Andai saja dendang ceria itu bisa kunyanyikan sesuai kenyataan …

Kotaku, kota Pontianak sudah hampir 2 bulan ini berselimut kabut cinta eh … Kabut asap pembakaran lahan. Tanya mengapa?

Pontianak, kota yang dilalui garis Khatulistiwa. Suhu udaranya sangat panas bedengkang.

Jadi jika dalam dua minggu saja tidak ada hujan, panasnya bakal naik lagi levelnya. (~˛~).

Ditambah lagi, saat-saat kemarau seperti ini lah para petani dan pembuka lahan akan membakar lahan ladang/pertanian/kebun mereka.

Beberapa tempat yang tanahnya adalah tanah gambut lebih besar bahaya kebakarannya. Rumput kering, tanah kering, serta panas matahari bisa saja tiba-tiba membuat semak-semak terbakar. Namun sebagian besar kabut asap pembakaran ini berasal dari ulah para pembakar lahan.

Mungkin mereka akan berkata, kami sudah sejak dulu kok melakukan hal seperti ini.

Tapi dulu adalah dulu. Sekarang sudah berbeda lagi. Dahulu, Kalimantan Barat ini adalah pulau hijau dengan hutan yang luas di setiap jengkal tanahnya. Sekarang, pembangunan telah menggeser hutan. Pabrik-pabrik pengolahan kayu membabat hutan. Perkebunan sawit menggantikan pohon-pohon misterius yang menjulang tinggi.

So ada baiknya, kita menyesuaikan diri juga.

Tips selama cuaca buruk kabut asap :

1. Jangan terlalu sering berada di luar ruangan.
2. Gunakan masker dan kacamata bila perlu melakukan perjalanan dengan motor/sepeda.
3. Perbanyak minum air putih. Konsumsi buah-buahan.
4. Jangan menambah polusi asap. Jangan membakar sampah dsb. Jangan merokok (ini mah emang Emaknya kagak suka kalo ada asap rokok).
5. Pasanglah air purifier di ruangan agar udara tersaring.
6. Ayo cintai alam. Tanam tanaman dan pohon penghijauan (pada tempatnya lho yah. Jangan di jalan hihihihhi).

Sekilas info harga masker :

Masker kain lebar Rp. 7.000,-
Masker kain tali karakter Rp. 8.000,-
Masker kain hijau Rp. 5.000,-

Nah …. Satu lagiiii, yuk doakan Pontianak segera diguyur hujan. Doakan juga Jakarta tidak banjir lagi.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.

27 Febuari 2014.

Sent from BlackBerry® on 3

Berburu Sarapan Pagi : Jl. Hijas

Berburu Sarapan : Warung Kopi Hijas dan gerobak-gerobak sarapan.

image

Rutinitas pagi kembali berulang.

Bangun tidur kuterus mandi.
Tidak lupa menggosok gigi.
Habis mandi, pergi sekolah
Belajar dengan rajin.

—-

( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

Itu lagu aktivitas pagi Super Kenz. Kalau Emaknya lain lagi. Tiap pagi setelah ngantar Kenz sekulah, Emak dan King Dute berburu sarapan pagi.

Kali ini karena ada keperluan beli kain di pasar Nusa Indah, maka kami pun nyasar ampe ke Jl. Hijas. Biasanya kan seputar Sungai Raya Dalam, Siaga dan Parit Baru.

Jalan Hijas adalah jalan-jalan kecil yang berada di Jalan utama (besar) kawasan pecinan Pontianak yaitu Jalan Gajah Mada. Dan juga seperti jalan-jalan kecil lainnya di sepanjang Jl. Gajah Mada, Jl. Hijas bisa menjadi jalan tembus menuju Jl. Tanjung Pura.

Jalanan ini tidak pernah sepi, dari pagi sampai malam. Nah di pagi hari ada tuh deretan ruko-ruko yang menjadi tujuan penduduk Pontianak mencari sarapan pagi.

Letaknya tepat di belakang Restoran Gajah Mada. Ada dua deret ruko.

Deret pertama dikhususkan untuk makanan yang mengandung daging babi.
1. Warun Bubur Babi Singkawang. — penjualnya sudah sangat lama berjualan. Dan Emak Catz kenalnya saat si Acek ini jualan di Parit Baru dekat Gg. Nurul Huda. Untuk malam hari anaknya berjualan di Parit Baru di depan PLN Sungai Raya dan Super market Anggrek. Rasa masakannya sangat enak. Dijamin suka deh.
2. Warung Bubur. Aneka bubur, dari bubur babi, ikan dan udang. — Yang ini Emak blom coba.
3. Kios Jus buah.
4. Warung Yammie Kepiting.

Di deret ke dua yang terpisahkan oleh gang kecil. Terdapat satu warung kopi besar yang menampung beberapa lapak/gerobak penjual sarapan. Antara lain adalah :
1. Sate
2. Pisang goreng krispi
3. Nasi uduk dan nasi kuning
4. Lontong sayur dan gado-gado
5. Soto
6. Bubur sapi.
7. Kwetiaw dan cap chai halal.

Selain itu pada ruko berikutnya ada Nasi Ayam Ayong yang sepertinya baru buka.

Kali ini Emak Catz dan King Dute mencoba Nasi Ayam Ayong, kwetiaw halal dan pisang goreng krispi. Minumnya cukup sebotol air mineral botol.

Nasi Ayamnya, porsinya sedang. Namun untuk lauknya itu lumayan banyak. Daging merah, ayam panggang, daging babi panggang yang renyah, telur kecap, timun, sawi asin dan daging babi kecap. Kemudian disiramkan kuah kental, ini yang membuat aroma nasi ayam jadi khas. Semangkuk kecil sop disajikan untuk menjadi teman makan nasi ayam. Sop yang tersaji cukup lengkap. Terdapat kacang kedelai, potongan kecil ayam dan daun sop.

Menu ke dua adalah cah kwetiaw halal (kwetiaw goreng).

Kwetiawnya memang Emak Catz pesan sedikit basah sesuai selera. Biasanya sih Emak lebih doyan Keng Ci Kwetiaw (KCKT) alias kwetiaw irit tanpa daging. Tapi karena kali ini penasaran ama promosinya si Acek penjual yang mengatakan kalau kwetiawnya halal karena pakenya daging vegetarian dan bakso ikan, dipilih lah menu ini.

Untuk rasa kwetiawnya cukup cocok di lidah. Telor mata sapinya, standarlah. Terus daging vegetarian itu sekilas emang mirip rasa daging rolade. Sedikit kenyal dan wangi. Jangan lupa pas makan kwetiaw, tambahkan jeruk sambal (lemon cui) dan cabeeeee.

Nah pisang goreng krispi dengan olesan srikaya dan susu serta ditaburi keju parut. Enak banget dan cocok dengan segelas kopi.

Harga :

1. Nasi ayam ayong Rp. 28.000,-
2. Mineral botol Rp. 3.000,-
3. Kwetiaw goreng + telor mata sapi Rp. 14.000,-
4. Pisang goreng krispi Rp. 4.500 / buah.

Sooo … Yuk berburu sarapan lagi.

ː̖́ټ..ћέ²..ټ..ћέ²ː̗̀(*)ː̖́..ټ..ћέ²ټː̗̀

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.  

Sent from BlackBerry® on 3

Event : Pontianak Air Show 2014

Pontianak Airshow 2014.

Wuih bakal ada event seru nih di Pontianak. Yup, Pontianak Airshow 2014 — dari nama aje ude keren sangat lah.

Emak kutip dari penjelasan di websitenya
http://www.pontianakairshow.com

image

Bahwa, Pontianak Airshow 2014 merupakan kegiatan program unggulan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Barat yang ke 57. Kegiatan ini diharapkan juga akan menjadi ajang promosi dan publikasi yang efektif dalam meningkatkan potensi perdagangan dan penjualan produk-produk perusahaan di Kalimantan Barat.

Acara ini akan digelar pada tanggal 27 Febuari 2014 – 2 Maret 2014 di Pangkalan TNI Angkatan Udara Lanud Supadio mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB.

Pas minggu lalu lewat di perempatan Jl. Ayani 1, Ayani 2 (Soekarno-Hatta), Jl. Sungai Raya Dalam, nih mata langsung ngelihat papan reklame besar. Wuiiih itu abang-abang dan mbak-mbak penerbangnya keren-kereeen. Mereka berfoto di depan sebuah pesawat tempur.

Event kali ini sepertinya cukup dipromosikan besar-besaran. Terlihat dari berbagai jalan besar serta tempat-tempat umum terdapat poster maupun banner promosi acara Pontianak Airshow.

Ada begitu banyak kegiatan yang akan diselenggarakan dalam event kali ini. Terus, sekolah Kenz juga bakal mengadakan kunjungan ke sana lhoooo!!! Wuiiih pasti seruuu. Sayangnya Emak pasti kagak bisa ikut. Emak kan mau jaga Kazu. Orangtua yang mau ikut masuk dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 10.000,-

Konsep utama pergelaran akbar ini adalah sosial, edukasi dan entertainment. Kegiatan sosial dimulai Selasa 25/2/2014, berupa pelayanan kesehatan gratis di Rumah Sakit Angkatan Udara. Untuk sisi edukasi pastinya banyak yang dapat kita petik. Anak-anak akan mengenal mengenai ini lho angkatan udara Indonesia. Mengetahui seperti apa bentuk bandar udara dan segala kegiatan di dalamnya. Juga masih banyak yang dapat diajarkan serta diserap oleh pengunjung. Dari sisi entertainment tentu saja ada. Bagaimana mungkin pengunjung tidak akan tertarik serta terhibur dengan pertunjukkan yang disuguhkan. Baik itu dari para penerbang yang beraerobatik, penerjun payung, dan masih banyak lagi.

Program acara yang akan berlangsung :

* Show alusista TNI
   – pesawat tempur
   – helikopter
   – tank

* Teknologi dirgantara sipi
— Aero modelling
— Air charter
— Pesawat Komersil

* Informasi pendidikan : Sekolaj Penerbang dan awak kabin.
* Teknologi Informasi.
* Produk Kemiliteran
* Lomba-Lomba.

*** Photography air show
*** Lomba mewarnai gambar
*** Fashion show

* Photo corner : pengunjung bisa melakukan foto di area pesawat tempur dengan menggunakan seragam TNI AU.

Contact info : 0853 17440999

(Sumber info @InfoJadwalEvent

Untuk info lebih lanjut dan lengkap bisa ke website acara http://www.pontianakairshow.com

Dan lagi, ada info top markotop juga.

Akan ada tiga unit bus untuk membawa masyarakat ke Lanud. Bus tersebut diparkir di Gedung Taspen yang bersebelahan dengan Megamal. Jadi masyarakat bisa dapat tumpangan gratiiiis ke Lanud. 

Tuh bis bakal ngiter satu jam sekali.

Nah tunggu apa lagi. Ayooooo datang dan meriahkan event ini. Jarang-jarang kan kita bisa lihat pesawat menari-nari jumpalitan plus salto di langit.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.

25 Febuari 2014. 

Sent from BlackBerry® on 3

Laporan Event : Gramedia Attack. Temu Penulis Kalbar

Acara Gramedia Pontianak.
           Temu Penulis Kalbar.

image

Kali ini Gramedia Pontianak, toko buku besar yang keren tuh bikin acara seru. Acara ini berawal dari usul Bang Lonyenk ke Mbak Ti (Gramedia Pontianak) dan diatur oleh Delia sebagai seksi sibuk. Usul disambut baik oleh pihak Gramedia Pontianak. Maka pada hari minggu, tanggal 23 Febuari 2014 jam 14.30 sd 16.00 WIB diselenggarakan Temu Penulis Kalbar.

Ada lima penulis yang duduk sebagai pembicara, yaitu : Tante Retni SB, Irin Sintriana, Lonyenk Rap, Riani Kasih dan Delia Angela. Kelimanya telah cukup terkenal dalam dunia menulis serta menghasilkan begitu banyak novel juga kumcer serta cerpen-cerpen keren.

Tante Retni S. B. adalah ibu dari dua putri cantik yang salah satunya aja ude lebih tinggi dari Ibunya. Hihihihi. Penulis keren ini kelahiran Cirebon, tapi sekarang tinggal dan menetap di Singkawang, kota yang penuh inspirasi menurut Tante Retni. Diantara kelima penulis pada hari itu, Tante Retni termasuk cukup senior dalam dunia kepenulisan ini. Penulis Gramedia ini kita kenal melalui novel-novel metropopnya. Antara lain, Cinta Paket Hemat, His Wedding Organizer, Pink Project, The Partner dan masih banyak lagi.

Irin Sintriana, gadis manis yang ramah. Ibu guru yang mengajar di Sekolah Gembala Baik Plus ini kalau sekali lihat, pasti bakal bikin hati lumer. Apalagi kisah-kisah indah yang dia tuliskan. Para pembaca mengetahui dirinya lewat novel-novel teenlitnya. ‎Morning sunshine, My Only, Prisoner of Ur Heart, Magic of Love dll. 

Delia Angela, si seksi sibuk yang seksi ini multi talenta. Dia juga K-pop lovers, terutama tuh Super Junior. Hihihihihi. Novel-novelnya antara lain, Perfect Ten, Hate You Love You, Super Girl, Another Idol dll.

Riani Kasih, jauh-jauh datang dari Kapuas Hulu demi pembaca yang mau bertemu dengannya pada hari Minggu kemarin. Dan tau ndak, dia itu pemenang ke 2 lomba Amore yang diadakan oleh Gramedia Pustaka Utama lho. Wuiiih, keren kaaan! Apalagi penulis satu ini  sangat romantis dan memiliki celetukan-celetukan lucu, salah satunya adalah prinsipnya dalam menulis “Mengubah Galau Menjadi duit.”. Novel Amore-nya berjudul “Hawa”.

Sedangkan Lonyenk Rap, seorang penyiar radio serta penyanyi Rap asal Mempawah ini dia menantang diri dengan masuk ke berbagai genre. Baik itu komedi, romance dan horor. Tapi muka Bang Lonyenk kagak horor kok. *peace ‎​(✽ˆ⌣ˆ✽) *  Novel-novelnya antara lain : 12 Pas, Bule Rawa-Rawa, Crazymolazy dll.

Antusiasme pengunjung sangat besar. Beberapa berdiri sambil mendengarkan perkenalan yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kalau tidak salah ingat, ada delapan pertanyaan yang diajukan oleh pembaca. Semuanya pada minta tips-tips agar bisa sekeren penulis-penulis kita ini.

Emak Catz perhatikan juga, beberapa orang tua yang membawa anaknya berbelanja buku di Gramedia, singgah untuk melihat. Dan ada celetukan, “Ternyata ada penulis juga yah di Pontianak.”

Ya … Elaaaaa si Mami, ada duuung. Mane tuh penulis semua ude dikenal luas ke penjuru Indonesia.

Makanye Mami-Mami mendingan banyak-banyak membaca, belikan buku-buku bacaan yang menarik dan edukatif juga untuk anak-anaknya. Sangat bermanfaat lho.

Di antara pengunjung ada datang juga Bang Pay Jarot Sujarwo, si traveller writer yang keren dan sepok. Hihihihi. Maksudnya berjudul Sepok. Buku yang menceritakan perjalanan backpacker keliling berbagai negara dalam bahasa melayu khas Pontianak. Top abis dah.

Ada juga Pak Goen, blogger http://www.gmitoro.blogspot.com yang gemar berwisata kuliner.

Ada juga Alwa, gadis satu ini beneran aktif dan penuh semangat (҂’̀⌣’́)9  (ง’̀⌣’́)ง. Dia memiliki segudang prestasi. Nanti dah Emak bahas khusus. Hihihihihi.

Terus ada acara kuis. Para penulis membagikan satu buah buku masing-masing untuk pengunjung yang bisa menjawab. Dan tebaaaak!!! Emak dapat satu novel keren dari Tante Retni SB. Walau sebelum jawab, sempat diprotes ame Delia. Hihihihihi. Pan usaha atuh Del, Emaknya. Usaha dapat buku keren tanpa menguras dompet (ini strategi hemat irit ala Emak-Emak Matre wkwkwkwk).

Acara diakhiri dengan sesi tanda tangan. Nah pada maju deh semua pembaca sambil menyodorkan buku juga meminta foto-foto bersama.

Yang jelas, ada hal-hal menarik serta ilmu-ilmu yang dapat kita petik dari kegiatan ini.

Menulis adalah hobi yang menjadi profesi. Dijalani perlu keseriusan dan tanggung jawab.

Menulis memerlukan riset yang mendalam agara karya kita lebih hidup dan berwarna.

Jangan pernah patah semangat. Karena para penulis keren-keren ini juga telah melalui banyak rintangan untuk mencapai puncak ini.

Demikian dah laporan dari Emak.
Saksi mata di tempat kejadian perkara.

( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)
Emak Catz.

23 Febuari 2014.

Dilaporkan kembali pada tanggal 25 Febuari 2014.

Sent from BlackBerry® on 3

Resep Praktis : Nasi Hainam

Resep Nasi Hainam Praktis.

image

Tadi tiba-tiba Super Kenz minta dibikinin Nasi Hainam. Jadi mulailah Emak mempersiapkan bahan. Hanya saja si Emak Catz ini rada malas ame yang ribet-ribet dan lagi bahan di kulkas ternyata tidak selengkap yang seharusnya. Jadilah nasi hainam praktis ala Emak Catz ini.

Resep dari Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan) Yang telah Emak sederhanakan seringkas mungkin.
( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

So mari kita mulai.

Bahan-bahan :

Nasi Hainam :

- 2 siung bawang putih dimemarkan
– 3 cm jahe dimemarkan (2 cm untuk tumisan beras. Sisanya dipakai saat menanak nasi).
– 2 sendok makan minyak goreng
– 2 sendok makan minyak wijen
– 300 gram beras
– 450 ml kaldu ayam
– 2 sendok teh garam
– 2 batang daun bawang.

Ayam kukus :

- 1/2 ekor ayam
– 3 cm jahe iris.
– 3 siung bawang putih digeprek.
– 3 sendok kecap asin Kikoman
– 7 butir gula batu.
– Air putih matang secukupnya.
– 3 cm jahe dihaluskan untuk olesan
– 1 sendok teh garam untuk olesan
– 1 sendok makan minyak wijen untuk olesan ayam
– 1 sendok makan minyak wijen untuk kukusan

Kaldu Ayam :
– 1/2 ekor ayam
– 1 buah labu siam (karena tadi kagak nemu labu siam. Jadi pake labu yang ada di kulkas, yaituuuu labu air. Hihihihi)
– 1 buah wortel ukuran kecil.
– 1 buah bombay kecil. Iris tebal.
– 2 batang daun bawang.
– Garam (dimasukkan setelah kaldu diambil untuk memasak Nasi Hainam).
– Penyedap Rasa Ayam (Boleh dipake atau pun tidak. Sesuai selera).

Bahan untuk sambal :

* 5 buah cabai rawit ditumbuk kasar
* 1 buah cabai merah ditumbuk kasar
* 1 siung bawang putih dicincang
* 1 cm jahe , dicincang
* 150 ml air
* 1/2 sendok teh kecap manis
* 1/2 sendok teh garam
* 2 sendok teh gula pasir
* 1/2 sendok teh air jeruk purut
* 1 sendok teh kecap inggris

Saus jahe :

* 1/2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
* 100 ml kaldu ayam
* 1 1/2 sendok makan kecap ikan
* 20 gram jahe

Cara Pengolahan :

Nasi :

1. Pertama-tama tumis bawang putih dan jahe pake minyak goreng dan minyak wijen ampe harum.
2. Tambahkan deh tuh beras, aduk rata. Masukkan lagi sedikit  minyak wijen biar meresap ke dalam tiap butir-butir beras.
3. Trus masukin garam. Aduk merata.
4. Siapkan rice cooker. Truuus, di dasar letakkan sisanya jahe tadi dan 3 batang daun bawang. Lalu masukin tumisan beras tadi. Tuang kaldu ayam seperti kita memasak nasi biasa (masaknya jangan terlalu lembek yah. Tapi sesuai selera masing-masing orang sih).
5. Truuus tekan tombol ajaibnya *ngaco*  Biarkan nasi dimasak dengan keajaiban rice cooker. Aduk sesekali. Setelah matang siap disajikan dah.

 
Nah untuk Ayamnya, Emak kagak pake versi Ayam rebus. Tapi ayam kukus. Soalnya si bocah lebih suka tekstur ayam kukus/tim.

Nih resepnya :

Ayam Tim.

1. Baluri Ayam jahe, minyak wijen, dan garam. Diamkan 30 menit.
2. Letakkan sebagian jahe, bawang putih geprek dan daun bawang pada dasar mangkuk kukus. Susun ayam di dalam mangkuk. Tambahkan minyak wijen, kecap asin (Emak pakenya merek kikoman), dan beberapa butir gula batu (sesuai selera). Lalu letakkan sisa dari bawang putih dan jahe. Beri air agar ayam terendam setengahnya.
3. Kukus/tim ayam dengan api sedang sampai empuk.
4. Keluarkan ayam (boleh di lap kering, boleh juga tidak). Potong-potong sesuai selera. Letakkan di piring saji. Tuangkan kuah dari proses pengetim/pengukusan tadi.
5. Nikmati bersama nasi hainam dan sambelnya.

Kaldu (yang digunakan untuk kuah juga).

* Rebus Ayam yang telah dipotong-potong. Tambahkan labu, wortel, daun bawang, bawang bombay dan merica. Rebus hingga kaldunya terasa.
* Bagi dua. 1 bagian untuk menanak nasi. 1 bagian untuk sop (jangan lupa tambahkan garam dan sedikit gula). Sajikan dengan taburan daun sop dan bawang goreng.

Sambal ala Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan ) :

Rebus cabai, bawang putih, dan jahe hingga mendidih. Tambahkan kecap manis, kecap inggris, garam, dan gula. Aduk rata. Angkat. Tambahkan air jeruk purut.

Saus Jahe ala Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan) :

Tumis jahe sampai harum. Tambahkan kaldu, masak sampai mengental. Angkat. Saring 50 ml, tambahkan kecap ikan, aduk rata.

Kalau Kenz makanya pake kecap manis doang. Sedangkan Emak Catz dan King Dute  sih makannya cukup ama kecap cabe (kecap asin yang diberi potongan cabe rawit).

Sekian deh resep praktisnya. Lain kali Emak Catz bagi-bagi lagi yak cerita tentang masakan di dapur Sarang Kucing.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Untuk 5 porsi.

23 Febuari 2014.

Sent from BlackBerry® on 3

« Older entries
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.