Resep Praktis : Sup Ubi Kayu / Singkong

He5 .. emakku paling hobi dengerin lagunya Ari wibowo (bukan yg adeknya si Ira wibowo lho!) yang judulnya Singkong dan Keju (kalo kagak salah inget) ..

pas bagian Aku anak singkong .. kau anak keju ow ow ow .. aku suka jaipong kau suka disko ow ow ow .. aku dambakan seorang gadis yang sederhana .. aku ini hanya anak singkong .. wow owo .. anak singkong ..

Ini nih lagu yang ndak bakal absen kalo emak karoke ke NAV wkwk … nah lho lalu apa hubungannya ma Resep yah? Nah .. sekarang Catz mau bagi resep .. yaitu Sup Singkong alias sup ubi kayu. Murah meriah dan enak! Sip deh! Tapi Dute kurang suka e .. Die bilang bukan untuk sayok e .. cume buat cemilan jak a ..

Tapi tetep aja kite masak yukz :

1. Pertama-tama cuci ubi kayungnya alias si singkong itu. lalu kupas kulitnya. setelah itu cuci sekali lagi agar singkongnya bersih.

2. Iris kotak-kotak kecil.

3. Cuci 10 bawang merah dan 2 bawang putih. Iris tipis-tipis bawang merah dan iris kotak-kotak kecil bawang putihnya.

4. Cuci 10 ato 15 ekor ikan teri (kalo ikan terinya kecil-kecil pake 15 ekor, kalo gede-gede pake 10 ekor da cukup lah – sesuai selera jak lah)

5. Siapkan wajan, lalu tuang sedikit minyak untuk menumis. masukkan 1/2 porsi dari bawang merah yang telah kita iris, tumis sebentar, masukkan bawang putih tumis sebentar lalu masukkan ikan teri, aduk-aduk hingga harum. Lalu masukkan singkong / ubi kayu yang sudah dipotong-potong. aduk-aduk sebentar. Kemudian matikan kompor.

6. Siapkan panci, rebus air hingga mendidih. lalu masukkan tumisan tadi kedalam panci. tunggu hingga ubi kayu atau singkong empuk. Setelah itu bubuhi garam dan sedikit penyedap rasa (bila mau), bila ndak pake penyedap rasa sebaiknya ikan terinya ditambah dan bubuhi sedikit gula.

7. Goreng bawang merah yang masih tersisa. angkat

8. goreng ikan teri untuk taburan di atasnya.

9. Pada saat menyajikan taburkan daun sop dan daun bawang, bawang goreng, dan ikan teri. Bubuhi dengan sedikit sahang alias merica agar mantap!

10. Ta .. ra .. siap saji .. enak lho! apalagi kalo cuaca lagi dingin .. wuih .. sedep .. dan jangan lupa sambil dengerin lagunya anak singkong ye ..

ho ciak e…

Cobe ye .. dijamin puas deh!

ow ow ow .. anak singkong ..wkwkwk

1 Komentar »

  1. rf Said:

    ga da gambar hasil masaknya…..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: