Mom : Bagaimana kalau melatih buah hati makan sendiri

Mom : bagaimana kalau melatih buah hati makan sendiri

Saat Kenz berusia 1 tahun dia mulai Catz ajari memegang sendok dan diperkenalkan dengan piring. Walaupun kenz tidak mau makan di meja makan, kenz  tetep suka mengacak-acak makanan di piring.

Setiap hari saya mencoba mengajari Kenz makan sendiri, walaupun hasilnya ruangan yang berantakan dan tubuh yang penuh bubur, but its ok. Sekarang kenz sudah mulai menyuapkan makanan sendiri ke mulutnya, walaupun tidak serius dia nya. Kadang baru 2-3 suap dia sudah melarikan diri.

So, moms ini ada trik-trik dari buku yang Catz baca. Masih dari buku 60 variasi makanan tim sehat terbitan pustaka bunda yg ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS. Nunung  Nurjanah, SP. Yuni Harlinawati.

  • · Cuci bersih tangan bayi dengan sabun
  • · Semua perlengkapan makan dari plastic (food grade) dengan ujung bulat (tidak tajam) agar tidak pecah dan melukai si kecil
  • · Yakinkan bayi merasa aman dan nyaman di kursi makannya. Jika mengunakan kursi yang tinggi, gunakan sabuk pengaman agar tidak jatuh. Posisi kursi makan harus jauh dari tembok dan aman dari karpet, meja atau perlengkapan lain yang bias di jangkaunya.
  • · Lengkapi dengan tadah liur, tisu, lap dan alasi tempat makannya dengan alas dari plastic
  • · Dengan eprsiapan peralatan makan tersebut, lantai atau dinding bahkan anda akan sedikit kotor karena diawal-awal si kecil belajar makan, tangannya akan mepermainkan piring dan makanan serta membalikkan dan melemparnya ke lantai. Bersabarlah dan ajarkan secara bertahap cara makan yang benar.
  • · Berikan sedikit makanan di mangkuknya dan sendok untuk memainkannya. Jika dia tidak atau belum terampil mengunakan sendok, biarkan dia mengunakan tangannya.
  • · Mom atau pengasuh tetep menyuapkan makanan yang sudah disiapkan sesuai porsinya sembari anak belajar makan
  • · Jangan memberikan makanan bertekstur keras yang susah dikunyah dan menyebabkan tenggorokan tersumbat
  • · Jangan sampai buah hati tersedak atau salah memasukkan makanan. Segera lap bila sudah banyak makanan menempel di muka atau tangan, untuk menghindari makanan masuk ke mata atau hidung saat dia mengosok mata atau hidungnya.
  • · Bagi bayi yang gemar mengunyah dan enggan menelan, jangan pernah terus menerus dijejalkan makanan ke mulutnya. Periksa mulutnya. Jika terlalu penuh keluarkan dengan tangan yang bersih dan upayakan agar dia menelan.
  • · Biarkan si kecil terus belajar makan sendiri setelah porsi makanannya sendiri telah selesai dikonsumsi.

Selamat mencoba mom. Buat bocah-bocah .. selamat belajar yah.

Cia you!

2 Komentar »

  1. Salam kenal manusia !!!!!!!!!!


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: