Resep praktis : Ikan Singapore saus kecap

Hari ini emak masak Ikan singapore dengan saus kecap asin. He5 .. sedap lho. walaupun bukan catz yang masak ini lauk tapi Catz tau lho cara bikinnya dan udah dipraktekkan .. hem .. sedap lho dan lumayan mudah. Kecuali bagian bersihin ikannya .. uh .. males deh. Kalau bagian makan sih, Catz mau aja.

  1. Pertama-tama bersihkan ikannya, cuci bersih, buang sisiknya lalu peras jeruk nipis keatas ikan agar ikan tidak terlalu amis. Lalu siapkan wajan / kuali untuk mengoreng.
  2. Sementara menunggu minyak di kuali panas kita siapkan tomat, belah 4, lalu potong miring. Atau potong sesuka hatimu lah.
  3. Siapkan cabe besar, buang bijinya, potong miring. Potong bawang putih menjadi kotak-kotak kecil, lalu iris 1/2 bawang bombay dan 2 siung bawang merah.
  4. Goreng ikan hingga matang, kecoklatan dan kulitnya sedikit garing. Angkat da tiriskan.
  5. Siapkan wajan / kuali kecil untuk membuat saus kecap. tuangkan sedikit minyak untuk menumis, masukkan bawang bombay, bawang merah lalu aduk sebentar. Kemudian masukkan bawang putih.
  6. masukkan cabe yang sudah diiris dan tomat, tumis sebentar. lalu masukkan air secukupnya.
  7. beri Kecap asin dan manis, sesuai selera, lalu tambahkan sedikit air asam jawa. aduk-aduk sebentar.
  8. tambahkan garam, dan testing – testing dulu rasanya dah pas blom.
  9. siapkan ikan di piring saji, siramkan saus kecap ke atas ikan. taburi dengan daun sop dan daun bawang.
  10. Ta ra … siap disajikan dan lezat .. ui.

Kalo mau ikannya bisa diganti pake bawal item ato bawal putih kok. Keknya ikan kakap juga boleh.

Ho ciak e …

1 Komentar »

  1. indhar aminuddin jentak Said:

    i like ikan saos singapura


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: