Resep Bubur : bubur Jasa (jagung sawi)

Bubur Bayi : Bubur Jasa – Jagung Sawi

Kemarin  menu Kenz adalah bubur Jagung + sawi. Jagung memiliki rasa manis yang sangat alami dan aromanya sangat wangi ditambah lagi warnanya yang kuning, membuat Kenz penasaran dengan bubur jagungnya ini.

Tapi lagi-lagi kenz tidak bisa makan jagungnya, mengapa? Karena setiap pipil jagung ada kulit yang berwarna bening yang bentuknya seperti plastic, ini nih yang bikin jagung terlihat mengkilap. Catz mencoba berbagai cara, misalnya dengan merebus jagungnya dulu, atau diblender, di iris kecil-kecil dan ternyata yang paling pas adalah dengan diambil air sari jagungnya saja.

So mari memasak :

Pertama-tama selalu kita bikin bubur putihnya dulu. Mungkin karena kita orang Indonesia, makanya rasanya paling pas makan bubur dari beras yah.

Seperti resep-resep yang kemarin, cuci beras lalu rendam dengan air hangat. Setelah itu kita mengerjakan jagungnya dahulu.

Jagung bisa diambil sarinya dengan cara di blender = potong dan ambil pipil jagungnya saja. Cuci dan blender. Setelah itu saring dengan saringan (ingat semua alat-alat memasak harus steril dan bersih yah).

Atau pake cara Catz = cuci bersih jagungnya di air mengalir. Cuci sekali lagi dengan air matang. Setelah itu siapkan parutan kecil. Taruh sebuah mangkok bersih dan saringan di atas mangkok tersebut. Lalu parut jagungnya. Setelah itu ambil sarinya. Sarinya siap digunakan untuk membuat bubur.

Biasanya catz mengunakan 2 buah jagung yang berukuran sedang. Jagung manis yang masih muda yah.

Beras yang sudah direndam, direbus hingga menjadi bubur lembut. Ingat harus diaduk terus yah, agar tidak terbakar di bagian bawah panci dan tidak menjadi keras.

Setelah itu siapkan dandang kukus. Masukkan panic berisi bubur yang sudah setengah lembut. Tuang sari jagung, aduk-aduk sampai merata. Kukus hingga bubur benar-benar lembut.

Karena rasanya sudah manis, catz tidak menambahkan garam dan bumbu lainnya. Tapi kalau suka boleh ditambahkan sedikit(inget sedikit aja yah) garam.

Cuci sawi, ambil bagian daun sawinya saja. Iris, cincang ampe kecil-kecil. Biar si kecil lebih mudah makannya. Saat kita mau member makan si kecil, ambil seporsi bubur dan masukkan sawi sesuai dengan selera. Kukus hingga sawi sedikit lembut, boleh di taburi dengan daun sop dan sedikit bawang goring.

Ta .. ra .. siap disajikan.

Note : bubur jagung ini boleh juga mengunakan sedikit keju (untuk anak di atas 1 tahun), potong kecil atau di parut, aduk-aduk agar merata. Dan siap saji deh. Rasanya kek sup krim jagung gitu.

Kata mama .. ho ciak e …

Kenz suka bubur jagung lho. Cuma karena kemarin kenz makan bihun, kuetiaw dan banyak makan kue jadinya bubur sepanci kecilnya ndak habis deh.

Selamat mencoba moms, semoga bisa membantu moms yang pusing dengan anak yang susah makan seperti Kenz ku yang tersayang.

2 Komentar »

  1. nurrahman18 Said:

    ada tutorial gambarnya tak?😀


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: