Resep praktis : Sup Keribang

Sup Keribang Sep 8, ’09 3:44 AM
for everyone
Beberapa minggu yang lalu ada seorang teman (teman baru kenal) yang menelepon menanyakan mengenai makanan khas Pontianak yg biasanya ada pada saat bulan puasa. Catz juga binggung neh .. Lalu Catz mengusulkan Kue Bingke, lalu lemang, es lidah buaya, ati pari, bubur pedas dan ikan asam pedas.

Setelah beberapa hari eh, dia nelpon lagi dan menanyakan sup khas kota pontianak apa yah?? Nah ini yang bikin bingung. Catz ndak pernah tau apa sih sup khas kota pontianak. Tapi Setelah diingat-ingat, kira-kira tahun lalu sewaktu catz masih bekerja di salah satu perusahaan swasta Catz pernah menemani salah seorang tenaga ahli dari salah satu lembaga. Saat makan siang kantin perusahaan menyajikan Sup Keribang.

Mengapa namanya Sup Keribang, Keribang adalah Ungu. Dan karena daging dari umbi ini berwarna ungu so kami menyebutnya dengan sup keribang. Ibu tenaga ahli dari Jakarta itu sedikit terkejut saat mengambil sup. Kedua alisnya menyiratkan tanda tanya, Sup apaan neh??? So dia hanya mengambil sedikit sekali dan hanya makan beberapa suap, ditambah lagi makanan yang tersaji lainnya adalah Cencalok.. nah lho gimana makannya .. he5.

So sekarang Catz ingin membahas cara membuat sup keribang.

1. Pertama-tama bersihkan keribangnya. buang kulit dan cuci bersih. Keribang memang berlendir so jangan terlalu takut ya …
2. Potong sesuai selera, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Kira2 aja deh.
3. siapkan bawang putih 3 atau 4 buah. potong kecil2. siapkan juga ikan teri. Catz suka memakai bawang dan ikan teri yang banyak.
4. Panaskan kuali goreng bawang hingga kecoklatan, lalu masukkan ikan teri dan goreng hingga agak garing. masukkan keribang yang sudah dicuci dan di tiriskan. Kemudian oseng-oseng sekitar 2 atau 3 menit kemudian masukkan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih, masukkan garam dan penyedap rasa.
5. Bila anda sukanya yang agak kental so tunggu hingga supnya mengental, tidak perlu ditambahkan tepung maizena untuk mengentalkan. Tapi catz sukanya yang tidak terlalu kental, so tambahin air lagi. lalu angkat.
6. sajikan di mangkuk taburkan bawang putih  goreng dan ikan teri goreng.

ta .. ra .. siap di makan …
ho ciak e …

tips: Keribang kadang ada yang agak berwarna putih alias kagak terlalu ungu. Saya lebih suka keribang yang berwarna ungu.
Menanam keribang juga sangat mudah.

Selamat mencoba …

Catz …
*practice makes perfect.

8 Agustus 2009 …

Note : gambar di bawah ini ada sosok keribang sebelum di masak

Question : Ada yg tahu nama lain keribang??

tulisan ini sudah pernah catz post di multiplynya catz.

2 Komentar »

  1. wen Said:

    catz keribang tu nama indonesiana talas..awalna bingung kirain keribang tu sejenis serangga..setlh liad supna ow…ini mah talas ungu..alias taro ungu..hehe.. ^^v


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: