Bubur T2 = Timun Teri .. Oke!

Bubur T2

bubur T2 - teri Timun

Resep bubur bayi : Bubur T2 = Timun Teri

Namanye keren kan .. wkwkwk .. sok gaul jak catz ni. Hari ini catz bikin bubur dengan timun dan ikan teri. Kemarin setelah acara ulang tahun Catz, ternyata Kenz makan begitu banyak cake. So saatnya Kenz makan makanan yang seger dan dapat membantu menghilangkan panas dalam (itu menurut emak Catz lho) .. sepertinya harus cari tahu nih …

Timun aromanya sangat harum. Buah yang mudah didapat dan murah ini ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi, sariawan (seriawan), memperlancar air seni, dan menghilangkan keriput di kulit. Sayangnya, selain diketahui mengandung vitamin A, B, C, E, serta beberapa zat lain, buah ini kurang banyak  mendapat perhatian sebagai bahan penelitian. Untuk jelasnya baca di http://lesson-11-health.blogspot.com/2007/01/manfaat-timun.html

Nah mari masak yukz moms :

Pertama-tama selalu kita bikin bubur putihnya dulu. Mungkin karena kita orang Indonesia, makanya rasanya paling pas makan bubur dari beras yah.

Seperti resep-resep yang kemarin, cuci beras lalu rendam dengan air hangat. Setelah itu kita mengerjakan timunnya dahulu.

Saat kita mengerjakan timun, rebus beras di panci dengan api kecil dan air yang setidaknya menenggelamkan beras itu .. wadoh .. bahasaku kacau ..balau … meracau ..  ingat yah sesekali diaduk agar tidak lengket di dasar panci dan tidak menggumpal.

Cuci bersih timunnya. Buang bagian atasnya (di potong kira-kira 1cm) lalu bagian yg dipotong itu dipakai untuk mengasah alias mengosok bagian yg satunya lagi. Fungsinya, kate emak untuk membuang getah timun itu. Setelah itu potong bagian yang sudah diasah.

Buang kulit timun, belah menjadi 4 bagian, 2 bagian di buang bagian isinya lalu di potong kecil-kecil berbentuk kotak atau miring2 juga boleh.

2 bagian lagi di parut, diperas dan disaring lalu diambil airnya saja.

Tambahkan sari timun kedalam beras yang sedang dimasak. Kemudian cuci beberapa ekor ikan teri (kira-kira 7-8 ekor)

Ingat pilih ikan teri yang bagus, tidak berbau tengik dan hati-hati saat ini ada pembuat ikan teri yang nakal yang kadang menyemprotkan pembunuh serangga ke ikan teri saat di jemur agar tidak dihinggapi lalat. Dan ada juga ikan teri yang berformalin. Hati-hati yah. Kalau tidak mau pake ikan teri, bisa juga pakai ayam kampong atau bubur ini bisa berperang sendiri dengan mengunakan rasa timunnya saja.

Rasa timun sudah sangat manis kok .. suer ewer ewer ..

Cuci ikan teri hingga bersih. Ingat yah, cuci di air mengalir, lalu cuci lagi dengan air matang. Setelah itu cemplungin deh kedalam bubur yang sedang digodok.

Masukkan potongan timun kedalam bubur. Aduk terus hingga bubur mengental (kalo suka kental, kalo ndak bisa dibikin agak berkuah). Tambahkan sedikit garam, aduk rata.

Siapkan dandang kukus, masukkan air dan taruh panci yang berisi bubur tersebut ke dalam dandang kukus.

Tunggu hingga bubur benar-benar lembut. Sebenarnya pada saat disajikan bisa ditambahkan sedikit bawang putih goreng. Tapi kalau moms takut anaknya bisa batuk karena minyak bawang tersebut, sebaiknya jangan deh.

Ta .. ra … bubur T2 nya sudah a a a O .. ke .. bilang saja O .. ke ..

Ho ciak e .. moga2 kenz makan denga n lahap hari ini.

Dan semoga resep ini bisa membantu moms n si kecil yah .. selamat mamam yah ..

Berjuang lah moms agar si kecil mau makan dengan lahap ..wkwkwk ^o^ peace

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: