Bubur Bayi : Bubur Manis Jagung Ijo

Nah lho .. jangan bingung yah, napa kok jagung ijo? wkwkwk .. bukan jagungnya yg ijo, tapi buburnya pake jagung manis dan kacang ijo. Hari ni Kenz vegetarian dunk .. he5 .. sekali-sekali perlu makan yang tidak mengandung daging.

Jagung sudah pasti rasanya manis n wangi. Kacang ijo juga bisa dimasak sebagai minuman manis dan kadang dibuat sup. Hyanya saja Kenz tidak suka kacang ijonya, kacang ijo kalo uda mekar n pecah akan berpasir dan berampas jadi Kenz suka muntah kalo disuruh makan kacang ijo. Jadi .. lagi-lagi kita pake sari kacang ijo aja deh.

Hari ini agak repot yah .. tapi hasilnya pasti memuaskan kalau melihat anak kita yang tersayang makan dengan enak.

pertama-tama kita cuci beras .. cuci ampe bersih, tapi jangan ampe kehilangan vitaminnya yah. Cuci dengan air matang, lalu rendam. Setelah itu mari kita mengerjakan kaldu kacang ijo.

Cuci kacang ijo, pilih yang bijinya bagus, tidak berlubang-lubang dan item. setelah itu rebus kacang hijau ampe merekah dan lembut.

selama kita menunggu tuh kacang ijo mereka ..kita siapin jagung dulu. Jagungnya dicuci bersih (cuci dengan air matang), lalu potong, ambil pipilnya saja (biji-biji jagungnya saja).

Lalu ambil sebagian untuk direbus bersama kacang ijo, biar kaldunya lebih manis dan wangi.

Setelah itu ambil sebagian jagung yang sudah dipipil. Buang kulit-kulit bening yang membungkus pipil / biji jagung. setelah itu cincang jagung hingga halus atau kecil-kecil.

setelah Kaldu kacang ijonya sudah siap. Saring dan ambil kaldunya saja. Kaldunya dibagi menjadi 2 bagian. Satu bagian direbus kembali, tambahkan gula merah. Gula merahnya jangan terlalu banyak, cukup ada rasa manis sedikit saja. kalau tidak mau menggunakan gula merah, bisa gunakan gula batu atau gula anggur.

Bagian yang satu lagi kita gunakan untuk mengodok bubur. Masukkan beras yang sudah direndam dan masak hingga menjadi bubur kental. Aduk terus dan tambahkan jagung yang sudah dicincang.

Kemudian siapkan dandang kukus, dan kukus bubur hingga lembut. Bila si kecil sudah jago mengunyah, tidak perlu dikukus lagi. Semua bubur yang Catz masak tetep dikukus itu dikarenakan Kenz tidak bisa makan bubur kasar. Jadi harus perlahan-lahan diubah.

Saat penyajian, ambil bubur sebanyak porsi makan si kecil. lalu siram dengan kuah kacang ijo secukupnya. ta .. ra .. siap saji …

Buburnya manis .. seperti Catz wkwkwk ..

Ho ciak e ..

Selamat mencoba yah .. Moms …

Cia you! Berjuanglah ibu-ibu yang anaknya susah makan .. mari terus berusaha!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: