Resep praktis : Cemilan, Jemput-Jemput (Pisang jemput)

Resep cemilan Praktis : Jemput-Jemput (Pisang goreng)

Nah lho .. apaan yah nama kerennya … Nih adalah cemilan favorit deh .. Pisang yang di potong-potong lalu digoreng ma tepung gandum (bahasa tio ciunya Mi hun).

Kenapa yah namanya jemput-jemput? Mungkin karena pas bikinnya tuh pisang dijemput-jemput (jumput). Biasanya dulu diaduk pake tangan. Ada yang menjemput / meremas tuh adonan ampe sedikit lembek / lembut pisangnya. Tapi Catz tidak suka terlalu lembek, jadi ndak usah di jemput terlalu lama deh .. di aduk pake sendok jak lah.

Tadi pagi Catz makan tuh kue pas lagi sarapan nasi uduk + lontong sayur di warung nasi siaga, enak juga. Tapi buatan Tua I nya Catz lebih enak .. jadi nanya resepnya deh ma tua I …

Mari masak :

  1. Siapkan pisang nipah (pisangnya yg sudah matang yah), potong-potong kira-kira 1cm lah.
  2. Lalu kita bikin adonan tepungnya yah .. campurkan tepung gandum dan sedikit air, aduk terus hingga adonan pas (tidak terlalu encer yah).
  3. Masukkan pisang nipah yang sudah kita potong-potong lalu aduk-aduk hingga rata. Kalau Catz biasanya ngaduknya pake tangan .. rasanya lebih mantap lho! Tambahkan gula pasir, lalu aduk-aduk lagi. Lalu tambahkan sedikit garam aduk-aduk lagi.
  4. Bisa juga ditambahkan susu kental manis, kalo mau lebih manis. Tapi nih jemput-jemput uda manis kok walau ndak pake bahan lain.
  5. Siapkan wajan dan panaskan minyak untuk mengoreng. Ambil satu sendok sayur adonan pisang tadi, lalu goreng hingga kecoklatan. (catz suka goreng ampe sedikit gosong .. lebih harum, walo tanggung sendiri resikonya .. panas dalam ooo). Goreng hingga semua adonan habis … sajikan dengan secangkir kopi atau teh .
  6. Kalau mau divariasikan, bisa diberi selai srikaya atau taburkan gula halus atau parutan keju sedikit. Mantap deh .. cemilan kampong tapi rasa internasional wkwkwk ..

Coba dan rasakan  … ho ciak e …

1 Komentar »

  1. winter Said:

    jemput-jemput .. fav ku juga …


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: