Resep praktis : Sate sate sate

Resep Praktis : Sate

Nih request dari Amy Tan, Te sate … te sate .. mau beli berapa tusuk bu?

Sate banyak macam lho .. tapi Catz paling doyan sate buatan Emak. Selain enak, kita bebas nambah tanpa perlu bayar, wkwkwk ^o^

Dulu waktu kecil Catz sering makan sate di kampong dalam (deket Keraton Kadriah – Tanjung Raya), satenya enak dan rasanya khas banget. Sate ini khas karena ada pake kuah / kaldu ayam jadi makannya agak berkuah gitu. Nah kali ini Catz mau bagi-bagi resep sate yg satu ini, resep andalan emak kalo pas co cot / alias ciak tua kai alias makan besak-besak ^o^

Mari masak :

Bahan-bahan :

–          Ayam / sapi / te bak (daging babi) sesukamu lah. Kalo mau jamu orang sekampung maka ayam dan sapi yang harus menderita lebih banyak lagi.

–          Kacang tanah (goreng) Bisa di buang kulitnya, bisa juga tidak

–          Kecap manis dan asin

–          Minyak makan

–          Gula merah

–          Garam

–          Jeruk nipis

–          Bawang merah

–          Bawang putih

–          ketumbar, cabe kering,keminting 2-3 biji, sereh 1 btg/2btg, lengkuas   dikit ,kunyit dikit

–          santan kental, daun salam

–          Timun

–          Tusuk sate

–          Arang

–          Jangan lupa kipas ma panggangannya juga yah ..wkwkwk

Cara mengolahnya :

  1. Potong daging ayam / sapi atau te bak tipis-tipis dan kecil-kecil, kira-kira 3 cm x 1cm (p x l) wkwkw jadi ada pelajaran matematika pulak.
  2. Lalu potongan daging tersebut kita rendam dalam bumbu. Bumbunya adalah kecap manis (banyak), kecap asin (dikit), lalu minyak goreng (jangan terlalu banyak), sedikit bawang merah + bawang putih yang sudah dihaluskan. Dan boleh ditambahkan sahang alias merica kalau mau. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging dulu.
  3. Mari kita siapkan bumbu kacangnya. Pertama tama blender ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe kering, keminting, sereh, lengkuas, kunyit. Setelah itu bumbu yang sudah diblender ditumis ampe harum.
  4. Kacang yang sudah di goreng tadi kita masukkan kedalam blender, masukkan santan kental, blender hingga halus.
  5. Lalu masak kacang + santan yang sudah diblender,  masukkan juga gula merah, lalu masukkan bumbu yang sudah di tumis tadi, masukkan  garam dan daun salam 2-3 lembar.  Tes dulu apakah bumbunya uda pas rasanya. Pas manisnya dan terasa gurihnya.
  6. Lalu siapkan panggangan. Siapkan arang dan hidupkan api. Sambil menunggu apinya berkobar-kobar ^o^ kita tusuk-tusuk yukz dagingnya …
  7. Tusuk-tusuk satenya dengan tusuk sate. Kira-kira aja yah mau seberapa banyak dalam satu tusukan sate, kan uda pernah lihat sate yang tertusuk-tusuk kan. Biasanya sih emak nusuknya ndak terlalu padat. Dalam satu tusuk sate paling 2 – 3 potong daging yg sudah kita potong-potong tadi. Setelah itu .. mari kita jadi mamang sate yukz .. bakar-bakar n kipas-kipas.
  8. Siapkan olesannya : kecap asin + manis (banyakan kecap manisnya yah), lalu minyak goreng, kalau mau bisa pake minyak lemak ayam/minyak babi. Biar satenya kinclong nantinya
  9. Sebelum dibakar, sate dioleskan dulu ke bumbu olesnya. Dan saat dibakar oleskan juga bumbu oles biar lebih mantap.
  10. Setelah matang angkat dan siap saji.
  11. Sate ini kalau mau bisa dimakan tanpa bumbu kacang. Udah mantap kok.

Kaldu ayamnya :

  1. Tulang-tulang ayam yang tersisa dari proses pengeliminasian tadi bisa dipakai untuk mebuat kaldu ayam. Bisa juga pake tulang babi atau daging sapi. Sesuai selera lah.
  2. Rebus tulang ayam sampe bener-bener mengeluarkan kaldunya. Berikan sedikit garam dan gula, bisa juga pake penyedap rasa.

Cara penyajiannya biasanya ada 2 cara (di rumah Catz lho) :

  • Susun potongan ketupat, sate dan timun ke piring saji. Taungkan saus kacang, lalu beri kuah kauldu ayam (banyaknya sesuai selera), bila tidak suka menggunakan kaldu / kuah, bisa ditiadakan (alias pake saus / bumbu kacang saja). Taburkan bawang goreng, daun sop dan daun bawang lalu beri jeruk nipis, bumbui dengan sedikit kecap manis dan asin. Nah Sate siap di makan, boleh pake cabe botol biar rasanya lebih mantap!
  • Cara ke dua adalah : Susun sate di piring saji, lalu tuangkan kecap manis, beri bawang merah yang sudah diiris, cabe rawit yang sudah dipotong kecil-kecil. Beri sedikit merica dan sate siap di makan bersama nasi panas dan kalau ada tong seng lebih sedap lagi lho!

Nah .. selamat mencoba .. Ho ciak e ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: