Resep praktis : Bawal kukus

Resep Praktis : Ikan bawal putih kukus

Nah kemarin kan pada penasaran ma status di FB Catz yang berbunyi “Enak Ui!” masakan inilah yang membuat Catz bikin status itu. Dari hari Jum’at Catz dikepung dan diserang ma Batuk, sakit tenggorokan, pilek + masuk angin wkwkwk. Nah alhasil harus berkunjung ke “Doktern cintaku …” wkwkwk … Pengaruh obat dan segala macam sakit tenggorokan dan batuk membuat Cat kagak nafsu makan. Eh ternyata emak emang baek, emak bikinkan Catz bawal kukus .. hem asli enak … nih laporan cara bikinnya.

Bahan-bahan :

  • Ikan bawal putih uk. Sedang 2 ekor.
  • Bawang merah 3 buah, iris tipis
  • Bawang putih 3 buah iris tipis
  • Cabe hijau besar 2 buah, buang bijinya dan iris serong kira-kira 2cm
  • Tomat 1 buah
  • Wortel ½
  • Minyak utk mengoreng
  • Daun bawang potong kira-kira 4cm lah
  • Kecap asin
  • Garam dan penyedap rasa (kalau mau pake penyedap rasa)
  • Jeruk nipis 1-2 buah
  • Kecap manis

Cara memasaknya :

  1. Bersihkan ikan (buang sisiknya), lalu goreng sebentar agar amisnya tidak terlalu kuat. Bagi yang tidak mau digoreng juga tidak masalah. Langsung ke step 2 kalo ndak mau goreng.
  2. Siapkan dandang untuk mengukus
  3. Letakkan ikan bawal kedalam mangkok kukus, masukkan bawang putih dan bawang merah tomat yang sudah dipotong 4, wortel yang sudah dipotong-potong (kira-kira 1cm), cabe hijau, peras 1 buah jeruk nipis (kalau suka agak asem, boleh pake 2 buah jeruk nipis), tuang air putih matang  sedikit (kira-kira aja, kalau suka banyak kuah yah pake airnya agak banyak, tapi ingat masakan kukus akan menghasilkan kuah dari air kukusan juga, jadi perhitungkan air kukusan yang menetes yah wkwkwk), bubuhi dengan garam dan penyedap rasa(kalau mau pake), beri kecap asin dan manis, test dulu rasanya. Kecap manisnya jangan kebanyakan.
  4. Kukus sebentar ampe aromanya dari masakan keluar. Sebaiknya ikan jangan dikukus terlalu lama, apalagi kalau tadi uda digoreng. Usahakan wortel dan bahan lainnya terendam dalam air agar kuahnya terasa.
  5. Ta ..ra …siap sajikan deh. Hiasi dengan daun seledri. Nah santap selagi hangat. Siapkan kecap + cabe rawit .. dijamin makin mantap. Tapi buat yang batuk jangan makan cabe dulu yah.

Ho ciak e …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: