Resep praktis : Ayam kuah kunyit

Resep praktis : Ayam kuah kunyit.

Sebenarnya judul resep ini apa yg benernya yah? Ayam masak kunyit atau ayam kuah kunyit, atau ayam pindang ato apa yah .. pokoknya ayam di kuahin lalu warnanya kunign-kuning deh wkwkwk.

Ayam kuah kunyit ini juga boleh dikasik ke si kecil lho. Tapi kalau untuk si kecil bikinnya jangan terlalu asem. Ayam kunyit ini juga di makan pas Catz co guek (40 hari bertapa setelah melahirkan). Kek nya Cuma di tambah arak putih jak she. Pokoknya selama 40 hari co guek catz bermabuk-mabukkan terus deh.

Mari masak moms ,

Bahan-bahan :

  • Ayam sebelah / atau sesuka hatimu lah mau pake berapa banyak. Kalau untuk si kecil bagusnya pake ayam kampong. Nah kalo yg co guek bagusnya pake ayam kampong tapi yang betina yah, dan yang belum pernah bertelur wkwkwk .. macam mane bedakan yg d bertelur ma yg belum .. ada-ada jak lah ..
  • Asem jawa (diseduh air panas, ambil airnya aja)
  • Kunyit sebesar ibu jari lah. Kalo mau bener-bener kuning pake jak banyak-banyak. Nah kunyitnya ada yg ditumbuk ampe halus, ada juga yang ambil airnya aja. Ada juga yang Cuma di gepok lalu di cemplungin. So pilih sendiri lah yang mana praktisnya.
  • Air untuk merebus
  • Bawang Bombay (boleh pake boleh juga tidak)

Cara memasak :

  1. Pertama-tama rebus air dipanci (uk. Sedang), setelah itu mari kita kerjain si ayam dulu.
  2. Cuci bersih ayam, potong kecil-kecil. Setelah air nya mendidih masukkan ayam.
  3. Lalu masukkan kunyit yang uda di geprok. Masukkan air asam jawa, masukkan bawang Bombay.
  4. Tunggu deh ampe mendidih.
  5. Masukkan garam dan penyedap rasa (kalau mau, sebaiknya kalau mau untuk si kecil, jangn pake penyedap rasa. Ganti saja dengan gula anggur atau gula pasir. Emang sih rasanya agak kurang. Tapi lebih sehat. Dan satu hal lagi untuk emak baru alias wanita yang habis melahirkan jangan pake garam dan penyedap rasa – bayangkan ape rasenye makanan selama 40 hari tuh wkwkwk wuekz .. asli tak enak aaa ).
  6. Tes dulu rasanya da pas blom, kalo kurang asin tambah lagi garam. Kalo kurang terasa asemnya tambah lagi air asem jawanya (tp inget jangan kebanyakan yah .. tar rasanya kacau).
  7. Setelah pas, sajikan deh panas-panas. Seger dan sehat. Top deh …

Ta …ra … mudah kan .. dan ho ciak e eee  … yg repot tuh pas nyiapin bahan dan beres-beres cuciannya .. uh .. males deh kalo da lihat piring, talenan, dan cucian kotor ..

2 Komentar »

  1. sese Said:

    hi catz..

    kebetulan saya sedang kangen makan ayam kuah kunyit. sebelumnya gak pernah masak sendiri, tapi sekarang tinggal dinegeri orang harus mandiri..senang sekali menemukan artikel ini, terutama karna ini di post oleh orang khuntien juga..jadi rasanya pasti sama dengan yg saya mau. ulasan ini juga cukup mudah dimengerti buat pemula seperti saya.

    salam kenal.


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: