Cerpen : Ikan Slomang

Ikan Slomang

“Cal! Cepatlah sikit, mao ikot pegi nanggok (nangkap) ikan slomang ndak?” Amin mengetuk-ngetuk jendela kamar Ical.
“Sabar lok lah! Kamek ambek tanggokan lok!” Ical mengobok-obok lemari piring emaknya. Dia mengambil sebuah baskom yang biasa digunakan ibunya untuk menyiang sayur.

“Sedap ni, kita lomba yok sape yang dapat ikan paling banyak!” Amin mengangkat baskomnya dan mulai berlari menuju parit.
“Woi, jangan nak curi start!” Ical segera berlari mengikuti Amin.

Baca lebih lanjut (ada 732 kata)

“Ha… ha…!” Amin tertawa keras saat Ical terjatuh.
“Ape yang kau tawakan?” Ical meringgis kesakitan.
“Tenggok ni Cal, dari tadi kamek da dapat lima ekok ikan slomang. Kau satu ekok pun tak nak singgah di tanggok kau tuh,” Amin menunjukkan toples kaca kecil yang dibawanya yang berisi 5 ekor ikan slomang yang cantik.

“Pinjamkan kamek tanggok kau lah! Try sekali jak bah,” Ical menarik-narik tangan Amin.
“Karena kamek tuh orang yang baek hati, makenye kamek pinjamkan,” Amin memberikan baskom miliknya kepada Ical.

“Min! Min! Kamek dapat satu ekok ikan slomang!” Ical berteriak girang.
“Alamak! Itu sih cucu ikan slomang!” Amin tertawa sambil memegangi perutnya.
“Yang penting ikan slomang! Sape tau nanti die akan jadi ikan slomang yang berguna bagi nusa dan bangsa,” Ical tersenyum riang dengan ikan slomang tangkapannya.

Ical berlari ke rumahnya, dia mencari toples kecil untuk menaruh ikan hasil tangkapannya. Setelah beberapa saat mencari dia masih tidak menemukan toples kecil, sementara Amin sudah berteriak-teriak terus.

Akhirnya Ical mengambil sebuah gelas kaca besar dan menaruh anak ikan slomang yang baru ditangkapnya. Ical kembali menuruni tangga rumahnya dan kembali mencari ikan slomang lagi.

——————–

“Udalah Cal, uda sore ni! Nanti kamek kenak semprot same emak kamek,” Amin menarik-narik lengan baju Ical.
“Besok agik la ye, hari ini kite udahan lok ye,” Amin mengigil kedinginan. Rintik-rintik hujan mulai membasahi muka ke dua anak itu.

“Ical!”
“Amin!” teriak kedua ibu anak-anak itu. Mereka segera membereskan baskom dan berlari menuju rumah masing-masing.
“Besok agik ye, awas kalo ndak!” Ical mengacungkan kepalan tinjunya.

————-

“Argh! Bapak!” teriak Ical dengan suara yang melengking tinggi. Tangis Ical meledak, dia terduduk dilantai dan mulai menangis.

“Ape pulak budak ni!” bapak Ical memandang aneh terhadap kelakuan anak bungsunya itu.
“Ape pulak ni? Badan basah kuyub, bukannye pegi mandi eh malah break dance pulak di dapok!” emaknya Ical membawa kemoceng untuk menakut-nakuti Ical.

“Bapak, mak!” ical masih saja menangis.
“Bapak jahat mak .. hiks .. hiks .. hu .hu .huuu!” pecah lagi tangis Ical.

“Ape salah bapak Cal? Seharosnye bapak yang marah, kau maen aek dari pagi. Masok dalam rumah basah kuyub, ee.. pakai teriak-teriak agik!” bapak Ical mengurut dadanya.
“Ndak kah kau tuh nak bikin orang tue tuh cepat mati?” bapak Ical mengambil gelas dan mengisi dengan air putih. Tiba-tiba saja Ical menangis meraung-raung.

“Ade ape Cal? Kasih tau emak, kau diapekan same bapak kau tuh?” emak Ical mengelus rambut anak kesayangannya.
“Bapak .. bapak makan ikan slomang tanggokan Ical mak!” bapak dan emak Ical saling berpandangan.

“Ape maksudnya?” teriak bapak Ical.
“Tadi Ical taruh ikannya di gelas itu, pas Ical masok bapak agik nelan ikan slomang kamek! Ikan slomang tuh kesian benar, mate ikan tuh berkace-kace,” Ical menangis sambil terisak-isak. Bapak dan emak Ical saling berpandangan, mereka menatap gelas kaca yang terdapat diatas meja.

“Dari mane datangnye mate ikan tuh bise berkace-kace, aek mate same air putih dah tegabong macam gitu, n’tang ngade-ngade jak budak ni!” sahut emak Ical.

“Jadi!” bapak Ical mengurut-urut tenggorokannya. Emak Ical menatap perut bapak Ical. Mereka menatap Ical secara bersamaan.
“Nape pulak kau taruh ikan tu di gelas bapakmu?” teriak emak Ical.
“Tak ade tempat agik mak, Ical mau cepat bah” Ical masih terisak-iask.

“Ape mau dikate, ikan tuh da masok dalam perot bapak,” Bapak Ical mengelus-ngelus perutnya.
“Bapak jahat! Ikan slomang Ical jadi korban kekejaman bapak!” teriak Ical.
“Besar ndak ikan tuh Cal?” tanya Emak dengan cemas.
“Ndak besak, kate si Amin itu tu cucu-nya ikan Slomang. Bapak merenggut kesempatan hidup ikan slomang Ical!” Ical memandangi gelas kenangan tempat ikan slomang kecilnya.

“Untonglah cume cucu ikan slomang, kalo besak ndak ke’ rusak tenggorokan bapak kau tuh. Lain kali hati-hati kalo nak naroh ikan slomang kau. Uda tau mate bapak kau tuh agak rabun, mane die lihat kalo ade cucu slomang tuh!” emak melemparkan handuk kepada Ical.
“Ndak mao tau! Bapak harus ganti, balekkan ikan slomang Ical!” Ical menarik celana bapaknya

“Aduh!” bapak Ical mengelus perutnya dan prettt … “Nah .. dah nak keluar dah ikan slomang kau tuh, kau tunggu jak di wc,” Bapak Ical tertawa keras dan berjalan menuju wc. Sementara Ical terus menatap gelas kosong itu dengan pasrah.

1 Komentar »

  1. hahaha…

    GOKIL…


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: