Resep Praktis : Acar timun berjemur bumbu kuning.

Resep Praktis : Acar timun berjemur bumbu kuning.

Pamanku yang di Samarinda paling doyan ma botok n acar bumbu kuning. Karena botok sangat susah bikinnya, alias repot. Jadi hari ni Cat bikin acar bumbu kuning aja deh.

Bahan :

  1. Timun 3 buah (uk sedang / kecil),  buang isinya (jangan buang kulitnya yah, cuci aja ampe bersih). Potong memanjang kira-kira sebesar jari manis, panjangnya kira-kira ½ jari tengah. He5 .. kira-kira aja deh. Boleh juga dipotong miring, dengan pisau yg membentuk bentuk gelombang. Tp tetep aja lebar n tebelnya paling sebesar jari manisku wkwkwk.
  2. Cuka
  3. Garam
  4. Air
  5. Keminting
  6. Ketumbar
  7. Bawang putih
  8. Bawang merah
  9. Kunyit.
  10. Matahari wkwkwk .. ini asli lho

Cara bikinnya :

  1. Setelah dipotong, timun di taruh pada wadah yang melebar, kemudian bubuhi garam dan  aduk hingga merata.
  2. Nah sekarang mari kita gunakan tenaga matahari. Jemur sebentar timun yang telah diberi garam tersebut. Tutup dengan palstik bening yang sudah diberi lubang-lubang kecil juga boleh. Jemur hingga timun sedikit layu, jangan ampe keriput yah.
  3. Saat menjemur, kita siapkan bumbu kuningnya yoo … haluskan garam, keminting,ketumbar, bawang putih dan bawang merah (secukupnya), kemintingnya  paling 2 atau tiga deh, ketumbar (yg udah di sangrai yah) kira-kira ½ sendok teh. Bawang putihnya 4 butir, bawang merahnya 1 aja. Tumbuk ampe halus. Kalo malas blender aja, kasih minyak dikit.
  4. Setelah halus, tumis ampe matang. Beri air secukupnya. Kira-kira aja yah, jangan kebanyakan yg penting bisa untuk merendam tuh timun yang abis bejemur.
  5. Angkat timun yang sudah bejemur layaknya di pantai itu. Kemudian buang airnya,
  6. Tunggu ampe tumisan bumbu tadi dingin, lalu campurkan, aduk ampe rata. Siap di makan deh.
  7. Kalo mau lebih manis n menarik, beri potongan cabe rawit atau cabe merah besar.
  8. Enak kalo dimakan bersama nasi ayam wkwkwk … ho ciak eeeeeeeeeeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: