Resep praktis : Sup jagung 3 style

Resep praktis : Sup jagung

Sepertinya kita sudah biasa melihat dan memakan sup yang satu ini. Hampir di berbagai restoran maupun tempat makan ada menu sup jagung. Baik itu sup jagung kepiting, sup jagung home made, sup jagung bening, ampe sup cream jagung. Nah sup jagung buatan sendiri juga tidak kalah enaknya. Cat lebih suka memakai jagung biasa, alias jagung yg segar. Jagung yang baru dibeli dipasar kemudian diolah sendiri. Memang sih, rasanya lebih enak jagung kalengan dan lebih praktis … tentu saja. Tapi berhubung cat sedang mencoba hidup sehat (boong .. buktinya masih aja makan mie instant wkwkwk), jadi mari kita memasak tanpa jagung kalengan.

Bahan-bahan :

  1. Jagung manis yang masih muda yah (5 buah). dipotong pipil jagungnya, lalu sisihkan. Ambil kira-kira 3 sendok the jagung tersebut, blender kasar. Sisihkan. Bisa juga dengan cara memarutnya (kalo kagak ade blender). Parut ambil sari jagung dan ampasnya, simpan disebuah wadah untuk membuat kaldunya.
  2. Ayam, goreng sebentar lalu di suwir-suwir.
  3. Kentang (kalo mau pake) iris kotak-kotak kecil
  4. Wortel (kalo mau pake) iris kotak-kotak kecil
  5. Daun sop dan daun bawang
  6. Bawang putih, tumbuk halus. Kalo ndak iris kotak-kotak kecil
  7. Bawang bombing, iris kotak-kotak kecil
  8. Merica bubuk / sahang /lada putih (boleh dipakai, boleh juga tidak)
  9. Air
  10. Susu kental manis
  11. Keju quick melt
  12. Tepung maizena

Mari memasak :

  1. Siapkan panci dan rebus air beserta ½ dari suwiran ayam serta tulang ayamnya. (tulang ayam bisa di keluarkan setelah semua proses selesai)
  2. Tumis bawang putih dan bawang Bombay ampe harum dan  keemasan. Masukkan dalam air rebusan kaldu.
  3. Masukkan sari jagung dan jagung yang sudah dipisahkan dari bonggolnya.
  4. Aduk lagi bu …
  5. Masukkan kentang dan wortel. Rebus kaldu sampai kentang dan wortel empuk.
  6. Masukkan garam secukupnya dan gula sesuai selera. Kalau mau pake penyedap rasa juga boleh, tergantung selera deh. Nah ampe disini proses sup bening jagung sudah selesai, kalau sukanya yang bening-bening .. wkwkwk .. sup jagung sudah bisa di sajikan, jangan lupa taburkan daun sop dan daun bawang.
  7. Kalo mau bikin sup yang agak kental, siapkan air kaldu dalam sebuah mangkok. Masukkan 1 sendok teh tepung maizena, aduk dan masukkan ke dalam sup. Bisa juga di tambahkan dengan kocokan putih telur.  Nah ampe di sini proses sup jagung kental bening uda selesai. Sajikan dengan daun sop dan suwiran ayam goreng beserta bawang merah goreng Agar lebih mengugah selera. Jangan lupa merica bubuknya juga.
  8. Kalau Cat lebih suka yang agak bergaya western wkwkwk … jadi masukkan potongan keju quick melt. Aduk ampe keju merata.
  9. Masukkan susu kental manis dan aduk cepat. Tes dulu rasanya .. uda pas blom. Angkat dan sajikan dengan potongan garlic bread .. hem delicious …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: