Boneka Bongkar Pasang (Maenan Jadul)

Bongkar Pasang.

14 - 2

Pernah ingat sama mainan jadul enih? Ntuh bah, maenan jaman SD dolo.

Namanya Bongkar Pasang, Boneka Kertas, Orang-orangan. Atau aneka sebutan lainnya di daerah lain.

Mungkin sekarang maenan ini sudah tidak setenar masa jayanya (Kapan masa jayanya? Sekitar tahun 90an kali yah. Ntuh jaman Emak Catz masih SD — arrrgh ketahuan umur Emak dah jadinya (º̩̩́⌣º̩̩̀ʃƪ) ). Sekarang ini anak-anak perempuan sudah kurang mengenal bahkan tidak tahu ada maenan seperti ini. Mereka telah bersahabat dengan boneka plastik bernama Barbie, ataupun memainkan permainan “Dress Your Princess” di android dan komputer.

Boneka Bongkar Pasang adalah maenan favorit Emak sejak dulu (bahkan ampe sekarang jika endak merasa malu melihat usia yang uda tidak lagi muda). Emak punya sekotak besar boneka bongkar pasang ini.

Permainannya sangat unik. Ada boneka-boneka yang dapat kita jadikan tokoh sesuka kita. Serasa jadi sutradara dan penulis naskah untuk kisah kehidupan mereka.

Boneka-boneka-nya Emak di bagian belakangnya ditulisin nama, biar kagak ganti-ganti dan lupa. Mereka juga memiliki pakaian (dari kertas, yah iyalah. Namanya juga boneka kertas) yang dapat diganti, dipakaikan sesuai keadaan, acara dan lingkungan. Semakin hari perkembangan boneka kertas semakin keren. Muncullah boneka pria-nya.

Nah, Si Sutradara dan penulis naskah mulai menyusun cerita yang lebih berbeda. Bukan lagi tentang sekolah-sekolahan. Tapi berkembang jadi Ibu-Bapak, Keluarga, bahkan kadang kala kalau Abang dan Adik laki-lakiku ikutan maen (sttt …. Rahasia lho yah. Hihihihi ‎(✽ˆ⌣ˆ✽) ), mereka akan memasukkan tokoh Power Rangers, Ksatria Baja Hitam juga berbagai monster. Dari mana datangnya tokoh-tokoh tersebut? Dari gambar-gambar atau wayang kertas yang menjadi maenan anak laki-laki.

Permainan Boneka Bongkar Pasang ini sebetulnya sedikit sadis.
( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
(“)(“)
Tanya kenapa? Karena, kadang secara sadis, kepala si boneka terlepas dari leher. Diakibatkan leher yang kecil dan sering bergonta ganti pakaian, maka lehernya cepat lecek dan rusak. Dimulailah proses operasi penyambungan leher, baik itu disanggah dengan kertas,karton ataupun kotak bekas. Nah kadang kala saking sukanya pada satu boneka, sebelum dimainkan, tuh boneka ditempelin isolasi dulu. Terutama bagian leher. Maksudnya biar tahan banting. Tindakan yang paling tidak berprikebonekaan adalah. Saat tubuh boneka satu patah dan kehilangan kepala, sementara kamu memiliki stock kepala lain tanpa badan. Maka kedua potongan itu disatukan layaknya Frankenstein (aaaargh!!! Hororrrr!).

Untuk perabotan boneka-boneka ini biasanya Emak Catz bikin sendiri. Tempat tidur dari kotak rokok. Meja dari kotak korek. Kursi dari bagian atas roko. Trus mobilnya pake kotak rokok juga. Dipermak. Ditempel roda dsb. Trus semakin hari semakin kreatip Emak Catz-nya. Baju-baju makanan, kue, hiasan rumahnya dsb Emak gambar. Dan kadang kala Emak jual, buat modal beli Bongkar Pasang baru.

Lalu kita membahas tentang pakaiannya. Di sana tercetak fungsi baju-baju. Dari pakaian santai, gaun pesta, Baju Sekolah dll. Hanya saja kadang kala pakaian yang terlihat, tidak cocok dengan penjelasan. Pakaian yang cocok untuk acara pesta mewah tercetak sebagain baju santai. Alhasil anak-anak yang memainkan mengikuti saja petunjuknya. Bisa dibayangkan? Saa minum teh di warung pinggir jalan dengan dress kembang mekar? O. M. G.

Boneka bongkar pasang favorit Emak Catz berbentuk gambar anime dari Sailormoon.

1. Sailor Venus – Aino Minako – yang manis dan berambut panjang. Yang Emak beri nama Rina Koshikawa.
2. Dan yang satu lagi Sailor Mars – Raye Hino – yang kuat dan galak. Yang Emak beri nama Rani Koshikawa.

Kalau boneka cowoknya sangaaat sedikit. Karena itu tidak bisa banyak memilih.

Tentu saja pasti ada :
1. Topeng Tuxedo — Mamoru Chiba
2. 2 boneka anime cowok yang aku saja ndak jelas siapa mereka. Yang jelas yang satu berambut item kuberi nama Satoru dan yang rambut coklat kuberi nama Akira

( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
(“)(“)

Kalo diinget rasanya gila banget yaaaah. Tapi seruuu.

Imajinasi berkembang. Berkumpul bersama sahabat. Ada perkelahian saat bermain. Tapi anak-anak belajar untuk bersosialisasi.

Sekilas info :

Harga bongkar pasang yang Emak Catz beli di mamang-mamang penjual mainan keliling yang lewat di komplek. Rp. 1.500 – 2.000,

Sumber :

1. Sailormoon www.sailormusic.net
2. Foto dari koleksi jadul.
3. Foto Bongkar Pasang koleksi pribad14 - 1i.

(♥ε♥ʃƪ) lopee lopee

Emak Catz.

#desahEmakCatz
#BongkarPasang
#MainanJadul


20 Febuari 2014.

Sent from BlackBerry® on 3

2 Komentar »

  1. Yena Arg Said:

    gyaaaaaaa…. ngangeniiiiiiiiinnn…. T_________T


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: