Resep Praktis : Nasi Hainam

Resep Nasi Hainam Praktis.

image

Tadi tiba-tiba Super Kenz minta dibikinin Nasi Hainam. Jadi mulailah Emak mempersiapkan bahan. Hanya saja si Emak Catz ini rada malas ame yang ribet-ribet dan lagi bahan di kulkas ternyata tidak selengkap yang seharusnya. Jadilah nasi hainam praktis ala Emak Catz ini.

Resep dari Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan) Yang telah Emak sederhanakan seringkas mungkin.
( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

So mari kita mulai.

Bahan-bahan :

Nasi Hainam :

– 2 siung bawang putih dimemarkan
– 3 cm jahe dimemarkan (2 cm untuk tumisan beras. Sisanya dipakai saat menanak nasi).
– 2 sendok makan minyak goreng
– 2 sendok makan minyak wijen
– 300 gram beras
– 450 ml kaldu ayam
– 2 sendok teh garam
– 2 batang daun bawang.

Ayam kukus :

– 1/2 ekor ayam
– 3 cm jahe iris.
– 3 siung bawang putih digeprek.
– 3 sendok kecap asin Kikoman
– 7 butir gula batu.
– Air putih matang secukupnya.
– 3 cm jahe dihaluskan untuk olesan
– 1 sendok teh garam untuk olesan
– 1 sendok makan minyak wijen untuk olesan ayam
– 1 sendok makan minyak wijen untuk kukusan

Kaldu Ayam :
– 1/2 ekor ayam
– 1 buah labu siam (karena tadi kagak nemu labu siam. Jadi pake labu yang ada di kulkas, yaituuuu labu air. Hihihihi)
– 1 buah wortel ukuran kecil.
– 1 buah bombay kecil. Iris tebal.
– 2 batang daun bawang.
– Garam (dimasukkan setelah kaldu diambil untuk memasak Nasi Hainam).
– Penyedap Rasa Ayam (Boleh dipake atau pun tidak. Sesuai selera).

Bahan untuk sambal :

* 5 buah cabai rawit ditumbuk kasar
* 1 buah cabai merah ditumbuk kasar
* 1 siung bawang putih dicincang
* 1 cm jahe , dicincang
* 150 ml air
* 1/2 sendok teh kecap manis
* 1/2 sendok teh garam
* 2 sendok teh gula pasir
* 1/2 sendok teh air jeruk purut
* 1 sendok teh kecap inggris

Saus jahe :

* 1/2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
* 100 ml kaldu ayam
* 1 1/2 sendok makan kecap ikan
* 20 gram jahe

Cara Pengolahan :

Nasi :

1. Pertama-tama tumis bawang putih dan jahe pake minyak goreng dan minyak wijen ampe harum.
2. Tambahkan deh tuh beras, aduk rata. Masukkan lagi sedikit  minyak wijen biar meresap ke dalam tiap butir-butir beras.
3. Trus masukin garam. Aduk merata.
4. Siapkan rice cooker. Truuus, di dasar letakkan sisanya jahe tadi dan 3 batang daun bawang. Lalu masukin tumisan beras tadi. Tuang kaldu ayam seperti kita memasak nasi biasa (masaknya jangan terlalu lembek yah. Tapi sesuai selera masing-masing orang sih).
5. Truuus tekan tombol ajaibnya *ngaco*  Biarkan nasi dimasak dengan keajaiban rice cooker. Aduk sesekali. Setelah matang siap disajikan dah.

 
Nah untuk Ayamnya, Emak kagak pake versi Ayam rebus. Tapi ayam kukus. Soalnya si bocah lebih suka tekstur ayam kukus/tim.

Nih resepnya :

Ayam Tim.

1. Baluri Ayam jahe, minyak wijen, dan garam. Diamkan 30 menit.
2. Letakkan sebagian jahe, bawang putih geprek dan daun bawang pada dasar mangkuk kukus. Susun ayam di dalam mangkuk. Tambahkan minyak wijen, kecap asin (Emak pakenya merek kikoman), dan beberapa butir gula batu (sesuai selera). Lalu letakkan sisa dari bawang putih dan jahe. Beri air agar ayam terendam setengahnya.
3. Kukus/tim ayam dengan api sedang sampai empuk.
4. Keluarkan ayam (boleh di lap kering, boleh juga tidak). Potong-potong sesuai selera. Letakkan di piring saji. Tuangkan kuah dari proses pengetim/pengukusan tadi.
5. Nikmati bersama nasi hainam dan sambelnya.

Kaldu (yang digunakan untuk kuah juga).

* Rebus Ayam yang telah dipotong-potong. Tambahkan labu, wortel, daun bawang, bawang bombay dan merica. Rebus hingga kaldunya terasa.
* Bagi dua. 1 bagian untuk menanak nasi. 1 bagian untuk sop (jangan lupa tambahkan garam dan sedikit gula). Sajikan dengan taburan daun sop dan bawang goreng.

Sambal ala Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan ) :

Rebus cabai, bawang putih, dan jahe hingga mendidih. Tambahkan kecap manis, kecap inggris, garam, dan gula. Aduk rata. Angkat. Tambahkan air jeruk purut.

Saus Jahe ala Sajian Sedap ( http://www.sajiansedap.com/recipe/detail/10381/nasi-hainan) :

Tumis jahe sampai harum. Tambahkan kaldu, masak sampai mengental. Angkat. Saring 50 ml, tambahkan kecap ikan, aduk rata.

Kalau Kenz makanya pake kecap manis doang. Sedangkan Emak Catz dan King Dute  sih makannya cukup ama kecap cabe (kecap asin yang diberi potongan cabe rawit).

Sekian deh resep praktisnya. Lain kali Emak Catz bagi-bagi lagi yak cerita tentang masakan di dapur Sarang Kucing.

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Untuk 5 porsi.

23 Febuari 2014.

Sent from BlackBerry® on 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: