Berburu Sarapan Pagi : Jl. Hijas

Berburu Sarapan : Warung Kopi Hijas dan gerobak-gerobak sarapan.

image

Rutinitas pagi kembali berulang.

Bangun tidur kuterus mandi.
Tidak lupa menggosok gigi.
Habis mandi, pergi sekolah
Belajar dengan rajin.

—-

( ~ _ ~ ) ◦°◦° ♓îНiнiнiнi♓î
   (“)(“)

Itu lagu aktivitas pagi Super Kenz. Kalau Emaknya lain lagi. Tiap pagi setelah ngantar Kenz sekulah, Emak dan King Dute berburu sarapan pagi.

Kali ini karena ada keperluan beli kain di pasar Nusa Indah, maka kami pun nyasar ampe ke Jl. Hijas. Biasanya kan seputar Sungai Raya Dalam, Siaga dan Parit Baru.

Jalan Hijas adalah jalan-jalan kecil yang berada di Jalan utama (besar) kawasan pecinan Pontianak yaitu Jalan Gajah Mada. Dan juga seperti jalan-jalan kecil lainnya di sepanjang Jl. Gajah Mada, Jl. Hijas bisa menjadi jalan tembus menuju Jl. Tanjung Pura.

Jalanan ini tidak pernah sepi, dari pagi sampai malam. Nah di pagi hari ada tuh deretan ruko-ruko yang menjadi tujuan penduduk Pontianak mencari sarapan pagi.

Letaknya tepat di belakang Restoran Gajah Mada. Ada dua deret ruko.

Deret pertama dikhususkan untuk makanan yang mengandung daging babi.
1. Warun Bubur Babi Singkawang. — penjualnya sudah sangat lama berjualan. Dan Emak Catz kenalnya saat si Acek ini jualan di Parit Baru dekat Gg. Nurul Huda. Untuk malam hari anaknya berjualan di Parit Baru di depan PLN Sungai Raya dan Super market Anggrek. Rasa masakannya sangat enak. Dijamin suka deh.
2. Warung Bubur. Aneka bubur, dari bubur babi, ikan dan udang. — Yang ini Emak blom coba.
3. Kios Jus buah.
4. Warung Yammie Kepiting.

Di deret ke dua yang terpisahkan oleh gang kecil. Terdapat satu warung kopi besar yang menampung beberapa lapak/gerobak penjual sarapan. Antara lain adalah :
1. Sate
2. Pisang goreng krispi
3. Nasi uduk dan nasi kuning
4. Lontong sayur dan gado-gado
5. Soto
6. Bubur sapi.
7. Kwetiaw dan cap chai halal.

Selain itu pada ruko berikutnya ada Nasi Ayam Ayong yang sepertinya baru buka.

Kali ini Emak Catz dan King Dute mencoba Nasi Ayam Ayong, kwetiaw halal dan pisang goreng krispi. Minumnya cukup sebotol air mineral botol.

Nasi Ayamnya, porsinya sedang. Namun untuk lauknya itu lumayan banyak. Daging merah, ayam panggang, daging babi panggang yang renyah, telur kecap, timun, sawi asin dan daging babi kecap. Kemudian disiramkan kuah kental, ini yang membuat aroma nasi ayam jadi khas. Semangkuk kecil sop disajikan untuk menjadi teman makan nasi ayam. Sop yang tersaji cukup lengkap. Terdapat kacang kedelai, potongan kecil ayam dan daun sop.

Menu ke dua adalah cah kwetiaw halal (kwetiaw goreng).

Kwetiawnya memang Emak Catz pesan sedikit basah sesuai selera. Biasanya sih Emak lebih doyan Keng Ci Kwetiaw (KCKT) alias kwetiaw irit tanpa daging. Tapi karena kali ini penasaran ama promosinya si Acek penjual yang mengatakan kalau kwetiawnya halal karena pakenya daging vegetarian dan bakso ikan, dipilih lah menu ini.

Untuk rasa kwetiawnya cukup cocok di lidah. Telor mata sapinya, standarlah. Terus daging vegetarian itu sekilas emang mirip rasa daging rolade. Sedikit kenyal dan wangi. Jangan lupa pas makan kwetiaw, tambahkan jeruk sambal (lemon cui) dan cabeeeee.

Nah pisang goreng krispi dengan olesan srikaya dan susu serta ditaburi keju parut. Enak banget dan cocok dengan segelas kopi.

Harga :

1. Nasi ayam ayong Rp. 28.000,-
2. Mineral botol Rp. 3.000,-
3. Kwetiaw goreng + telor mata sapi Rp. 14.000,-
4. Pisang goreng krispi Rp. 4.500 / buah.

Sooo … Yuk berburu sarapan lagi.

ː̖́ټ..ћέ²..ټ..ћέ²ː̗̀(*)ː̖́..ټ..ћέ²ټː̗̀

(♥ε♥ʃƪ) lopee (♥ε♥ʃƪ)

Emak Catz.  

Sent from BlackBerry® on 3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: